Adsense Camp

rss

Pasang iklan disini

Friday, December 25, 2009

Mengisi Ramadhan Dengan Pesantren kilat


Hai friends, udah pada tau kan…Dalam rangka mengisi bulan suci Rhamadhan dengan suatu yang bermanfaat, SMAN 1 Praya mengadakan acara pesantren kilat tentu saja dengan tujuan untuk mempertebal serta meningkatkan iman dan taqwa (imtaq) serta dengan maksud memberi bekal siraman rohani bagi para siswanya.

Acara pesantren kilat berlangsung selama satu minggu penuh mulai dari tanggal 31 Agustus 2009 s/d 05 September 2009 dengan diikuti oleh para guru beserta semua siswa mulai dari kelas X sampai XII. Yang menarik dari acara tersebut yaitu ceramah-ceramah seputar rhamadhan dari ustad – ustad ternama yang sengaja didatangkan langsung oleh panitia acara untuk mengisi ceramah di sekolah kita dengan tema tentang sholat yang sama namun isi dan tehnik penyampaian yang berbeda-beda setiap harinya selama satu minggu full.
Sebelum acara pesantren kilat dimulai, para siswa berkumpul di sepanjang halaman belakang SMAN 1 Praya, di depan ruang guru / di depan kls XII IPS berdekatan dengan KOPSIS sekolah. Acara dimulai tepat pada puku 08.00, jadi semua siswa yang hadir diharapkan datang kurang dari waktu yang telah ditetapkan atau sekitar pukul 07.30 sudah tiba disekolah.
First, acara pesantren kilat di buka dengan sambutan hangat dari bapak kepala sekolah DRS.H.M. Amir Muzain, S.Pd.,M.Pd. after sambutan acara pesantren kilat diawali dengan Tilawatil Al-Qur’an dari sahabat kita Ahmad Hafis yang masih duduk di class X RSBI 4 dan yang tidak ketinggalan adalah tontonan bersama sinema islami rhamadhan diantaranya “ Kesamaan Injil & Al-Qur’an dan Agresi 11 September.”filmnya seru loooch… Setelah itu acara utama Dialog Rhamadhan yaitu mendengarkan ulasan ceramah dari H.Maad Abdul Majid S.Ag yang mendapatkan giliran hari pertama, lalu pada hari kedua disusul oleh Ust. H. L. Satriawan Lc.,MA dilanjutkan oleh Ust.H. L. Busyairi, MA pada hari ketiga, lalu Ust. Drs. H. Minggre Hamy pada hari ke empat dan hari berikutnya oleh Ust. H. Zulkarnaen, SH. S. Pd.l. hingga pada hari terakhir yaitu hari Sabtu (5/9) oleh Ust. Dr. H. L. Ahmad Zainuri Lc selama satu minggu berturut-turut. Mereka adalah Ustad pilihan dan ternama dengan membawakan ceramah dengan bumbu- bumbu rohani dengan inovatif. Salah satu judul ceramah yang beliau bawakan yaitu tentang “ Cara melakukan sholat dan berwudlu yang baik dan benar”. Itu semua memanglah very inporten, why??? couse kita dapat tau cara Sholat dan Udlu yang baik itu seperti apa, tanpa mengurangi kaidahnya. Selama ini kita telah melakukannya namun belum tentu sempurna, oleh sebab itu kita dapat memperbaiki kekurangan dengan melaksanakan dan mengamalkan hal tersebut, seperti yang telah dituturkan oleh salah satu ustad kita Ust H. L. Satriawan Lc.,MA dalam ceramahnya “ Sebenarnya sholat adalah tiang agama dan perisai dari setiap perbuatan yang mungkar” jadi, dengan kita melakukan sholat dengan sungguh-sungguh dan dengan cara yang tepat insyaAllah kita semua akan terhindar dari perbuatan maksiat,betul tidak???
Acara tersebut berlangsung dengan khitmat dan khusyuk dengan menempa akhlaq siswa SMAN 1 Praya agar menjadi aklaq yang baik serta mulia.amiiin……and yang tidak kalah serunya lagi diakhir acara ada Quiz n Door Prize. Acara pesantren kilat berakhir pada pukul 12.16 dan dilanjutkan dengan Sholat Dzuhur berjamaah. So, acara tersebut setidaknya bisa memberi kesan dan pesan selama menjalani ibadah dibulan yang mulia serta penuh barokah ini dengan kegiatan yang mulia pula selama menjalani ibadah puasa Rhomadhon. Setelah itu siswa diperbolehkan pulang.
Selain Pesantren kilat itu juga bertujuan untuk menggalang Infaq n Sodakoh yang menurut rencana akan disumbangkan untuk pembangunan Musholla SMAN 1 Praya dan bagi anak-anak kurang mampu serta fakir miskin. Seperti yang kita ketahui, Infaq yaitu menyisihkan sebagian riski kita yang telah diberikan oleh Allah SWT. Seperti hadist yang artinya : “barang siapa berpuasa dengan penuh keimanan dan kesiapan dengan menyisikan sebaian hartanyan untuk infak dan shadaqah maka ia akan diampuni dosanya oleh Allah Swt”. Dan adapun shadaqah tergantung dari keihlasan masing-masing berdasarkan kemampuan (persiapan untuk negeri akhirat).
Kalian mau tau tidak manfaat dari shadaqah itu????
• manfaat dari shadaqah adalah untuk menghapus dosa dan terbebas dari siksa neraka.
• Mensucikan raga, hati, pikiran, akal sehat sertata menambah rasa cinta kita kepada kau duafa (fakir miskin).
Untuk lebih mempererat tali silatulrahmi acara pesantren kilat ini juga dimanfaatkan dalam menggalang amal untuk ARBZATYA yaitu Arena Bakti Sosial dan Zakat SMAN 1 Praya dalam rangka meningkatkan rasa kepedulian antar sesama. Inilah yang dimanfaatkan oleh OSIS (Oraganisasi Siswa Intra Sekolah). Untuk memberi santunan kepada Anak Yatim Piatu dan Lansia yang akan terlaksana kurang lebih pada tanggal 16 September 2009, semoga dapat berjalan dengan lancar Amin…
Dan tidak ketinggalan pula, ,mengumpulkan Zakat Fitrah 2,5 kg per anak/siswanya. So, tunggu apalagi. Hayoooo sisihkan sebagian rizki kita untuk infaq dan shadaqah.

Bq. Wulan ( X R SBI 6)


0 comments:


Post a Comment

Kumpul Blogger